4 Macam Permainan Yang Membantu Tumbuh Kembang Anak Menjadi Sehat Dan Cerdas

4 Macam Permainan Yang Membantu Tumbuh Kembang Anak Menjadi Sehat Dan Cerdas, 4 Macam Permainan Yang Membantu Tumbuh Kembang Anak Menjadi Sehat Dan Cerdas

4 Macam Permainan Yang Membantu Tumbuh Kembang Anak Menjadi Sehat Dan Cerdas
Masa anak – anak adalah di mana tumbuh kembang anak tersebut mendapatkan asupan makanan dan minuman yang tercukuppi nutrisi nya sehingga anak dapat tumbuh dengan maksimal. Namun tahu kah anda bahwa bukan hanya itu saja permainan dalam dunia anak juga bisa mempengaruhi pekembangan stimulasi otak anak – anak.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak tersebut. Selain faktor nutrisi yang di dapat dari asupan makanan dan minuman, faktor yang dapat membantu tumbuh kembang anak menjadi sehat dan cerdas adalah permainan.

Dunia anak – anak memang tidak bisa di pisahkan dari dunia bermain, namun pertanyaan nya adalah, permainan seperti apa yang dapat membantu tumbuh kembang anak menjadi sehat dan cerdas.Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut ini dijelaskan beberapa macam permainan yang membantu tumbuh kembang anak menjadi sehat dan cerdas.

4 Macam Permainan Yang Membantu Tumbuh Kembang Anak Menjadi Sehat Dan Cerdas
image copyriht by google.co.id

4 Permainan Yang Membantu Tumbuh Kembang Anak Menjadi Sehat Dan Cerdas 

Anda bisa mencoba atau bahkan sudah mengetahui beberapa jenis permainan tradisional ini yang dapat membantu tumbuh kembang anak anda.

1. Permainan Petak Umpet
Permainan tradisional berikut ini adalah salah satu jenis permainan yang dapat membantu tumbuh kembang anak menjadi sehat dan cerdas. bagaimana bisa ?………

Permainan petak umpet adalah permainan yang di lakukan oleh 3 sampai 4 orang anak. Cara bermain nya dengan mengundi melakukan humpimpa untuk mencari siapa yang menjadi penjaga Gong atau Markas. Setelah di tentukan siapa yang menjadi penunggu gong, dengan melakukan hitungan 1 sampai 10, anggota yang lain akan bersembunyi.
Dalam permainan petak umpet ini, anak – anak akan di latih untuk peka terhadap keadaan, selain itu, anak – anak juga menjadi lebih pandai mengatur strategi untuk menjadi seorang pemenang.


2. Permainan Kelereng atau gundu

Permainan kelereng adalah jenis permainan yang di lakukan oleh 2 orang anak atau lebih, cara bermain nya pun beragam. Saya catat satu jenisnya aja yee biar cepetan dikit…………

Permainan kelereng jenis lingkaran, cara bermain nya cukup mudah. Anak – anak akan membuat satu lingkaran dengan ukuran sedang, gunanya untuk menempatkan jumlah kelereng yang di main kan. Kemudian anak – anak akan bermain melalui garis yang sudah di tentukan untuk mendapat kan kelereng di dalam lingkaran tersebut dengan cara melempar atau menyentil kelereng miliknya menuju dalam lingkaran. Permainan kelereng ini membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih ber konsentrasi.

3. Permainan Lompat Tali
Dalam permainan lompat tali, anak – anak akan di latih cara memintal atau merangkai karet menjadi panjang. Permainan lompat tali ini sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan anak pada masa tumbuh kembang. Cara bermain nya pun cukup mudah, 2 orang berdiri sejajar dengan memegang tali/karet tersebut, dan anak – anak yang lain akan melompati tali tersebut dengan peraturan tidak boleh  menyentuh tali atau karet tersebut. Permainan ini juga bisa melatih fisik anak agar menjadi lebih sehat karena dalam permainan ini anak anak dituntut untuk berlari dan melompati tali tersebut.

4. Permainan Egrang

Saya yakin sekali banyak anak – anak pada zaman sekarang ini yang tidak mengetahui permainan egrang tersebut. Ya, permainan egrang adalah permainan tradisional anak yang usia nya lebih tua dari 3 jenis permainan di atas ( Permainan Tertua di Indonesia ). Permainan egrang ini di lakukan dengan menggunakan 2 buah batang bambu yang mempunyai panjang kurang lebih 2 meter.

Cara membuat alat permainan ini dengan membuat lubang pada bagian bambu tersebut. Satu bambu satu lubang, jaraknya pun harus seimbang, Jika bambu satu di lubangi dengan tinggi 50 cm dari panjang keseluruhan panjang bambu tersebut, maka bambu yang satu lagi pun sama persis letak lubang nya. Setelah itu ambil 2 batang kayu yang cukup kuat, dengan panjang kayu maksimal 30 cm. Masukan kayu tersebut di setiap lubang yang ada, gunanya sebagai pijak kan kaki, karena permainan egrang ini di lakukan dengan memijak kan kaki di setiap kayu yang sudah ada pada bambu tersebut. Keseimbangan, konsentrasi tinggi serta ketangkasan anak, akan di latih dalam permainan egrang ini.
  4 Macam Permainan Yang Membantu Tumbuh Kembang Anak Menjadi Sehat Dan Cerdas,   4 Macam Permainan Yang Membantu Tumbuh Kembang Anak Menjadi Sehat Dan Cerdas

Leave a Comment