Cara Mengobati Penyakit Jamur Pada Kaki & Kenali Gejalanya

Cara Mengobati Penyakit Jamur Pada Kaki & Kenali Gejalanya, Cara Mengobati Penyakit Jamur Pada Kaki & Kenali Gejalanya

Cara Mengobati Penyakit Jamur Pada Kaki & Kenali Gejalanya
Jamur pada kaki biasanya menyerang di bagian sela – sela jari kaki dan bagian telapak kaki kita. Penyakit jamur kaki banyak berkembang biak di tempat – tempat yang lembab seperti pada sepatu, celana, kaos kaki, kolam renang, sungai dan laut.

image copyright by health.liputan6.com

Pertumbuhan jamur kaki akan semakin cepat menyebar dan dapat menimbulkan infeksi pada bagian kaki jika tidak di tangani secepat mungkin.


Penyebab Jamur Pada Kaki

Jamur pada umum nya adalah suatu mikroorganisme yang dapat tumbuh dimana saja. Kaum wanita lah yang biasa nya mudah terserang penyakit jamur pada kaki. Penyebab jamur kaki biasa nya terjadi karena pola hidup kita yang tidak sehat dan sering nya kita melakukan rutinitas yang bersentuhan dengan air seperti mencuci.

Namun kaum laki – laki pun tidak menutup kemungkinan terserang penyakit jamur kaki. Banyak ditemukan pekerja kantoran dan olahragawan yang mengeluhkan terserang penyakit jamur  pada kaki. Rutinitas mereka yang padat dan berat, membuat kelembapan pada kaki semakin meningkat. Sepatu, kaos kaki yang tidak diperhatikan kebersihan nya pun, menyebabkan jamur pada kaki.

Gejala Jamur Pada Kaki

Gejala awal yang biasa timbul jika kita sudah terserang penyakit jamur pada kaki adalah timbul nya gatal – gatal pada bagian sela- sela jari kaki kita. Jika tidak segera ditangani, maka rasa gatal tersebut semakin hebat seakan – akan kaki kita terasa terbakar dan sela – sela jari kaki kita menjadi putih pucat, pecah pecah karena infeksi jamur.


Cara Mengobati Penyakit Jamur Pada Kaki

Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengobati penyakit jamur pada kaki anda.

Mengoleskan Obat Anti Jamur

Cara mengobati penyakit jamur pada kaki dapat dilakukan dengan cara mengoleskan obat anti jamur di bagian sela – sela jari kaki yang terserang penyakit jamur kaki tersebut. Sebelum di oleskan obat anti jamur, bersihkan terlebih dahulu sela – sela jari kaki anda dengan air hangat dan kain bersih agar obat anti jamur tersebut bekerja lebih maksimal.

Memperhatikan Kebersihan Kaki

Kebiasaan tidak memperhatikan kebersihan kaki, menimbulkan mudah nya kita terserang penyakit jamur kaki. Untuk itu hidup lah dengan pola hidup sehat, dengan memperhatikan kebersihan tubuh dan tempat tinggal kita. Jamur kaki senang berkembang biak di sepatu, kaos kaki, celana, serta tempat – tempat lain yang kebersihan dan kelembapan nya tidak diperhatikan.

  • Bersihkan kaki anda sebelum tidur
  • Jangan memakai sepatu dan kaos kaki yang sudah kotor
  • Perhatikan kelembapan kaki, lap atau bersihkan kaki anda sampai kering menggunakan handuk

Meminum Obat Antijamur ( Jika Perlu )

Tujuan dari kita meminum obat antijamur tersebut adalah untuk mengobati penyakit jamur pada kaki dari dalam tubuh. Selain mengobati dari dalam tubuh, biasa nya obat tersebut juga berfungsi sebagai pelindung atau pencegah kuman atau mikroorganisme jamur berkembang biak kembali.

Menggunakan Bedak Pada Bagian Kaki

Menggunakan bedak salh satu upaya dan cara mengobati penyakit jamur pada kaki. Jika anda pekerja kantoran atau pelajar atau seseorang yang melakukan rutinitas sehari – hari memakai kaos kaki dan sepatu, gunakan lah bedak untuk menjaga kaki anda senantiasa kering dan kelembapan nya pun terjaga.
Oleskan bedak pada bagian kaki secara menyeluruh sampai di sela – sela kaki kita, sebelum anda memakai kaos kaki dan sepatu.

Memperhatikan Kebersihan Tempat Tinggal

Bersihkan tempat – tempat yang memungkinkan pertumbuhan jamur kaki tumbuh. Kuras bak mandi anda minimal satu bulan sekali, agar air senantiasa bersih. Perhatikan kebersihan sepatu dan kaos kaki dan usahakan agar memakai sepatu dan kaos kaki sesuai ukuran kaki kita ( tidak terlalu sempit ) agar kelembapan kaki kita terjaga dan sirkulasi udara yang masuk ke kaki cukup.
  Cara Mengobati Penyakit Jamur Pada Kaki & Kenali Gejalanya,   Cara Mengobati Penyakit Jamur Pada Kaki & Kenali Gejalanya

Leave a Comment