Jual Mata Bor Murah dan Tahan Lama, Ketahui Juga Cara Perawatannya!

mesin-bor

Bor merupakan alat yang difungsikan untuk bisa membuat lubang pada sebuah benda. Berbeda dengan alat-alat pembuat lubang pada umumnya, ia menggunakan tenaga listrik sehingga pengoperasian juga menjadi kian cepat dan mudah. Bagi Anda yang membutuhkannya sangat mudah menemukan alat yang satu ini, tinggal datang ke toko bangunan dan memilih jenis sesuai dengan kebutuhan saja. Alat tersebut beroperasi dengan mengandalkan mata bor, karena memang hanya bagian ini yang dapat menimbulkan lubang dalam sebuah media, tempat jual mata bor tak jauh berbeda dengan alat bornya, hanya terkadang ia ditawarkan dalam bentuk terpisah.

Anda yang sudah lama berkutat di bidang konstruksi atau juga memiliki galeri kerajinan dari kayu tentunya sudah sangat tak asing lagi. Ia merupakan bagian yang sangat penting untuk dimiliki. Untuk para pria sebaiknya juga tau bagaimana cara penggunaan karena ini akan sangat efektif untuk membantu meringankan pekerjaan rumah tangga ketika ada yang harus di lubangi, atau mungkin tengah memperbaiki sebuah alat, jadi tak arus menggunakan jasa tukang lagi bukan.

Sama halnya dengan alat-alat yang lainnya mata bor nyatanya juga memiliki ketahanan yang berbeda-beda. Jika Anda datang ke tempat jual mata bor tak ada salahnya menanyakan kualitas dari setiap produk agar tak salah dalam memilih. Karena tak jarang juga yang langsung rusak, tumpul hanya dalam pemakaian beberapa kali saja. Berikut ini juga ada beberapa tips perawatannya agar mata bor Anda tak mudah rusak, diantaranya adalah:

  • Gunakan sesuai dengan media yang ingin di lubangi, artinya jika memang mata bor tersebut dikhususkan untuk melubangi kayu, maka jangan digunakan pada besi karena dari segi bahan sudah berbeda, jika digunakan untuk media yang lebih keras ia akan mudah rusak, bahkan tak jarang yang langsung pecah bagian ujungnya. Jadi belilah masing-masing jenis untuk semua kebutuhan.
  • Simpan di tempat yang kering dan bersih, hindari menyimpan mata bor khusus yang terbuat dari bahan besi pada tempat lembab karena bisa memicu pengkaratan. Pada proses pembersihan sebaiknya juga tak menggunakan air, cukup dengan mengelap menggunakan kain kering saja.
  • Putaran yang akan digunakan, pada saat tengah mengebor sebaiknya putaran mesin ini wajib diperhatikan, jika ukurannya besar, gunakan putaran yang kecil saja sehingga tak membebani kinerjanya. Sebaliknya saat ukurannya kecil maka Anda dapat menggunakan tenaga yang lebih besar lagi agar lubang bisa dengan cepat didapatkan.
  • Sebaiknya selalu memperhatikan apakah hasil dari pengeboran tersebut memberikan asahan yang sesuai dengan bentuknya, jika ternyata ia sudah cukup halus artinya mata bor masih bagus, belum terlalu tumpul. Sebaliknya saat asahan terasa kasar berarti bagian pinggir-pinggir mata bor sudah mulai bermasalah.
  • Jika digunakan untuk melubangi material dalam jumlah yang banyak sebaiknya jangan dilakukan sekaligus, melainkan biarkan mata bor istirahat terlebih dahulu jika sudah mulai panas, ini bagian yang sangat penting untuk menjaga kualitasnya, proses pendinginan sangat berguna untuk memperpanjang usia dari mata bor tersebut.

Bagaimana mudah bukan, dengan menerapkan beberapa kiat di atas maka Anda tak perlu sering-sering datang ke tempat jual mata bor lagi. Ia akan tahan lebih lama dengan perawatan yang tepat. Sebaiknya simpan alat-alat tersebut di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak, mengingat bagaimanapun mata bor termasuk benda tajam dan berbahaya.

Leave a Comment