Ketika Permen Karet Membahayakan Kesehatan

Ketika Permen Karet Membahayakan Kesehatan, Ketika Permen Karet Membahayakan Kesehatan

Ketika Permen Karet Membahayakan Kesehatan
permen karet

Mengunyah permen karet mungkin sudah menjadi kebiasaan untuk sebagian orang. Orang biasanya mengunyah permen karet untuk menyegarkan napas, pencuci mulut setelah makan, menghilangkan gugup atau bosan. Tapi pada kondisi tertentu permen karet dapat membahayakan kesehatan.

Dilansir dari GeniusBeauty, Rabu (13/7/2010), berikut beberapa kondisi yang membuat permen karet dapat membahayakan kesehatan:

1. Mengunyah permen karet saat perut kosong

Pada dasarnya, permen karet dapat memfasilitasi ekskresi cairan lambung berlebih. Oleh karena itu, jika seseorang sering mengunyah permen karet dalam keadaan perut kosong, maka ia berisiko mengembangkan gastritis atau maag.

2. Mengunyah permen karet yang mengandung gula
Mengunyah permen karet yang mengandung gula dapat memfasilitasi perkembangan bakteri berbahaya dalam mulut. Perkembangan bakteri di dalam mulut dapat berdampak lebih besar bila tidak diatasi dengan segera.

3. Sering mengunyah permen karet jadi malas sikat gigi

Permen karet hanya membersihkan permukaan gigi dan ini tidak bisa menggantikan fungsi sebenarnya dari pasta gigi dan sikat gigi. Orang yang terbiasa mengunyah permen karet yang juga berfungsi sebagai pasta gigi, biasanya malas untuk menyikat gigi.

4. Terlalu sering mengunyah permen karet dapat menyebabkan peradangan sendi di rahang.

5. Mengunyah permen karet terlalu lama
Gerakan yang berulang-ulang dalam mengunyah permen karet bisa mengarah pada pergerakan otot yang berlebihan sehingga menyebabkan timbulnya garis-garis atau lipatan di sekitar daerah mulut.

Selain itu, terlalu sering mengunyah permen karet menyebabkan aktivitas otot yang berlebihan dan berpotensi memecah jaringan pendukung di bawah kulit. Hal ini tentu saja berkontribusi terhadap hilangnya volume jaringan dan elastisitas kulit.
  Ketika Permen Karet Membahayakan Kesehatan,   Ketika Permen Karet Membahayakan Kesehatan

Leave a Comment