Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan, Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Jambu biji merah yang paling utama adalah dari kandungan vitamin C, vitamin A dan kandungan zat besi yang cukup tinggi. Jambu biji merah adalah buah yang dapat dengan mudah kita dijumpai di wilayah Asia. Jambu biji merah berbentuk bulat dengan kulit buah berwarna hijau dan daging buah berwarna merah dengan banyak terdapat biji biji di dalam daging buah nya, adapun jenis jambu biji yang mempunyai daging buah berwarna putih. Jambu biji merah mempunyai rasa yang manis dan sedikit asam, biasanya jambu biji merah ini dapat dimakan langsung atau bisa juga dijadikan jus yang cukup enak.

Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
image copyright by wikikesehatan.com

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam jambu biji merah, menjadikan buah ini menjadi salah satu buah yang cukup diminati. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jambu biji merah terbilang cukup tinggi maka dan jambu biji merah ini dikenal sebagai jus buah yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah bagi penderita demam berdarah.

Kandungan Nutrisi Dari Buah Jambu Biji Merah

Jambu biji merah mengandung 30 kalori lebih banyak per porsi dibandingkan buah lainnya seperti buah nanas dan mangga, 3 kali lipat protein serta memiliki kandungan serat 4 kali lebih besar. Untuk lebih jelasnya mari simak uraian berikut ini mengenai kandungan nutrisi di dalam jambu biji merah :

  • Kandungan Flavonoid
  • Beta karoten
  • Lycopene
  • vitamin A
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Vitamin B6 (pyridoxine)
  • lutein
  • Cryptoxanthin
  • Kalium
  • Asam folat
  • Asam pantotenat
  • Niasin
  • Mineral magnesium
  • Mangan
  • Tembaga

 

Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan

Berdasarkan kandungan  nutrisi dari jambu biji merah di atas, maka manfaat yang bisa diperoleh bagi kesehatan tubuh kita adalah sebagai berikut :

    Menjaga Kesehatan Mata

      Jambu biji merah merupakan sumber vitamin A yang cukup banyak. Vitamin A bemanfaat untuk menjaga kesehatan mata sehingga membuat mata kita tetap sehat dan menghindari dari resiko rabun, katarak, degenarasi macula atau keluhan penyakit mata lainnya. dengan mengkonsumsi jambu biji merah akan membuat mata kita tetap sehat.

        Menyehatkan Kelenjar Tiroid

          Jambu biji merah mengandung zat tembaga yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu berfungsi untuk mengatur metabolisme kelenjar tiroid yang membantu dalam pengontrolan produksi hormone dan penyerapan. Di dalam tubuh kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar yang mempunyai peranan penting, yaitu untuk mengatur hormon dan juga mengatur fungsi system organ tubuh. Sebab itu mengkonsumsi jambu biji merah dapat bermanfaat untuk membantu menyeimbang kan kesehatan fungsi tubuh.

            Mencegah Diabetes

              Kandungan serat tinggi yang ada pada jambu biji merah, dapat bermanfaat untuk membantu penyerapan gula oleh tubuh dan bisa memungkinkan untuk menurunkan glukosa dan insulin di dalam tubuh. Hal ini baik sekali bagi penderita diabetes bahkan manfaat ini bisa mencegah diabetes yang bisa dialami oleh tubuh anda.


                Mencegah Sembelit

                  Selain bermanfaat baik bagi penderita diabetes,kandungan serat dalam  jambu biji merah ini juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dalam proses pencernaan makanan sehingga bisa mencegah dan menghindari sembelit. Kandungan serat ini juga bisa merangsang pergerakan usus dalam proses pencernaan makanan yang terjadi pada usus. Pencernaan yang lancar dapat mencegah terjadinya sembelit.


                    Mencegah Hipertensi

                      Kandungan zat yang terdapat dalam jambu biji merah, dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah dan dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Lancar nya peredaran darah dalam tubuh membuat tekanan darah tetap terkontrol sehingga membuat anda tetap sehat dan terhindar dari hipertensi. Dengan mengkonsumsi jambu biji merah akan mencegah kita dari keluhan hipertensi yang bisa berakibat pada peningkatan gangguan kesehatan lain seperti penyakit jantung dan stroke.

                        Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Dan Mengatasi Batuk

                          Kandungan vitamin C dalam jambu biji merah ini dipercaya efektif  untuk menjaga kekebalan tubuh kita tetap kuat. Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan menjadikan tubuh kita tetap tahan terhadap berbagai serangan penyakit atau virus yang bisa kapan saja menyerang tubuh kita. selain buah jambu biji merah, daun dari ambu biji merah ini juga bermanfaat untuk mengatasi batuk karena dengan meminum rebusan dari daun jambu biji merah ini akan mengurangi produksi lendir saat batuk, sehingga efektif untuk mencegah batuk

                            Mengatasi Diare

                              Kandungan senyawa astringents yang ada pada jambu biji merah, dipercaya cukup efektif mengatasi diare. Cara kerja dari senyawa yang ada pada jambu biji merah ini yaitu berfungsi  menghambat pertumbuhan mikroba penyebab diare dan menghilangkan lendir ekstra pada usus, hal ini karena senyawa astringents sebagai disinfektan serta anti bakteri yang bersifat alkali. Selain kandungan senyawa tersebut, kandungan  vitamin-C, karotenoid dan kalium, dapat memperkuat sistem pencernaan sekaligus sebagai disinfektan.

                              Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kecantikan

                              Bukan hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita, jambu biji merah ini kaya akan zat astringen yang bisa bermanfaat bagi kecantikan seperti menjaga kesehatan kulit. Jambu biji merah yang telah masak, mempunyai kandungan zat astringen lebih banyak dibandingkan jambu biji merah yang belum masak untuk mendapatkan manfaat dari jambu biji merah bagi kecantikan, cukup dengan mengkonsumsi buah jambu biji merah ini secara rutin.

                              Jambu biji merah yang kaya akan kandungan berbagai vitamin terutama vitamin c yang baik untuk mengencangkan kulit yang kendur serta bermanfaat untuk melembakan kulit. Selain itu, jambu biji merah sangat kaya vitamin-A, B, C dan potasium yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk detoksifikasi sehingga kulit anda akan terbebas dari masalah jerawat atau keluhan kesehatan kulit lainnya.

                              Seperti itulah manfaat yang bisa diperoleh pada jambu biji merah bagi kesehatan dan kecantikan. Mungkin diantaranya masih banyak lagi manfaat yang belum dijelaskan, yang pastinya jambu biji merah ini memiliki manfaat yang besar karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Sekian dulu uraian saya tentang manfaat jambu biji merah, semoga bisa menambah sedikit pengetahuan anda tentang manfaat dari buah buahan khusus nya buah jambu biji merah.
                                Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan,   Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

                              Leave a Comment