Manfaat Sehat Beras Merah Sebagai Makanan Pendamping ASI Untuk Si Buah Hati

Manfaat Sehat Beras Merah Sebagai Makanan Pendamping ASI Untuk Si Buah Hati, Manfaat Sehat Beras Merah Sebagai Makanan Pendamping ASI Untuk Si Buah Hati

Manfaat Sehat Beras Merah Sebagai Makanan Pendamping ASI Untuk Si Buah Hati
Manfaat Sehat Beras Merah Sebagai Makanan Pendamping ASI Untuk Si Buah Hati – Beras merah merupakan salah satu sumber nutrisi yang dapat melengkapi kecukupakan asupan gizi untuk si buah hati. Sehingga pilihan beras merah sebagai bahan makanan yang tepat ntuk si buah hati sangat disarankan untuk memberikan variasi nutrisi yang sehat. Dengan variasi nutrisi seperti beras merah pada menu MPASI maka akan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan buah hati anda. Selain itu manfaat sehat beras merah akan menunjang kesehatan buah hati. Sejak dahulu beras merah sudah menjadi makanan pendamping ASI yang dipakai oleh para ibu.
Pada kesempatan kali ini saya akan mengupas manfaat sehat beras merah sebagai makanan pendamping ASI untuk si buah hati. Beras merah merupakan pilihan yang tepat untuk bahan makanan bayi karena mengandung berbagai zat gizi yang baik untuk nutrisi buah hati, seperti apa manfaat sehat beras merah  sebagai makanan pendamping ASI untuk si buah hati ?? Berikut ini ulasan mengenai manfaat sehat beras merah sebagai makanan pendamping ASI.

Beras merah mempunyai manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan beras putih. Manfaat sehat beras merah untuk buah hati diantaranya karena kandungan zat gizi dari beras merah yaitu meliputi vitamin B1, vitamin B12 dan vitamin B6 yang cukup tinggi serta kandungan serat yang baik bagi pencernaan si buah hati, sehingga mampu membantu dalam proses perkembangan dalam pembentukan energi di dalam sel tubuh bayi dan menjadikan buah hati anda tetap sehat.

Selain itu kulit ari pada beras merah mengandung zat yang sangat baik untuk perkembanga otak buah hati bahkan kandungan mineral yang cukup tinggi pada beras merah memberikan manfaat sehat untuk asupan kebutuhan nutrisi dan membantu menunjang pertumbuhan rambut, gigi, tulang dan otot bayi. Beras merah juga mengandung serat yang tinggi yang baik untuk membantu melancarkan pencernaan buah hati dan juga kandungan zat besi untuk memenuhi kebutuhan asupan zat besi yang dibutuhkan dalam menunjang pertumbuhan buah hati anda.

Kandungan beras merah, mengandung zat tamin yang terdapat pada beras merah sangat baik untuk perkembangan jaringan saraf dan jantung buah hati anda. Selain itu kandungan fosfor yang terdapat pada beras merah akan membantu perkembangan sistem saraf rangka bayi. Banyak sekali bukan manfaat sehat dari bera merah ?? so, jangan ragu lagi yah, untuk memberikan beras merah sebagai makanan pendamping ASI buah hati anda !!

Dengan mengkonsumsi beras merah maka manfaat sehat yang diperoleh yaitu, buah hati anda  akan memiliki pola tidur yang cukup dikarenakan adanya kandungan zat tepung yang dapat meningkatkan serotonin dalam jaringan otak bayi. Serotonin memiliki peran dalam mengatur tingkat kantuk sehingga lebih bisa teratur dan buah hati anda akan memiliki pola tidur yang cukup. Kandungan zat gula di dalam beras merah lebih stabil maka akan menjadikan bayi tidak mudah lapar sehingga tidak menyebabkan bayi terbangun di malam hari karena rasa lapar dan tidak akan menggangu tidurnya. Setelah mengetahui manfaat sehat beras merah, kini anda dapat menjadikan beras merah sebagai bahan pilihan yang cukup tepat untuk MPASI bagi buah hati anda. Untuk  membuat persedian tepung beras merah di rumah anda saya akan memberikan cara untuk membuat tepung beras merah sebagai persediaan makanan untuk buah hati anda.

Berikut cara membuat tepung beras merah :

  1. Sebelum dijadikan tepung, anda dapat merendam beras merah terlebih dahulu menggunakan air bersih. Rendamlah beras merah selama 24 jam sampai beras merah pecah kulitnya. Beras merah yang sudah pecah kulit mempunyai kandungan zat besi, seng dan kalsium yang akan mudah diserap oleh tubuh bayi.
  2. Setelah tahap perendaman beras merah, kemudian cuci bersih beras merah dan tiriskan
  3.  Untuk membuat tepung beras merah, anda dapat menggunakan ulekan untuk menumbuk beras merah hingga mendapatkan beras merah yang halus menjadi tepung beras metah.
  4. Setelah mendapatkan tepung beras merah, untuk mengawetkannya anda bisa menjemur tepung beras merah ini dibawah terik matahari untuk mengurangi kadar airnya. Hal ini bertujuan untuk mengawetkan tepung beras merah ini.
  5. Terakhir, simpan tepung beras merah ini kedalam wadah yang kedap udara seperti toples atau kaleng dan tutup rapat.

Tepung beras merah ini akan membantu anda dalam mempersiapkan MPASI bagi buah hati anda. Untuk penyajiannya saya akan memberikan  resep makanan untuk buah hati anda menggunakan bahan utama tepung beras merah tadi. Berikut ini resep membuat bubur beras merah dan tempe sebagai pilihan menu untuk buah hati anda. Berikut bahan dan cara membuat bubur beras merah tempe sebagai sajian untuk buah hati anda :

Bahan yang dibutuhkan :

  • 3 sendok makan tepung beras merah
  • ½ potong  tempe yang sudah di kukus lalu potong dadu
  • 100 ml kaldu ayam atau bisa diganti dengan kaldu sapi

Cara membuat MPASI beras merah:

  • Masak air kaldu kemudian campurkan 3 sendok makan tepung beras merah
  • Campurkan tempe yang dipotong kemudian masak hingga semua bahan matang
  • Jika semua bahan sudah matang, angkat lalu sajikan dalam keadaan hangat

Sangat mudah bukan membuat sajian dari bahan beras merah untuk diberikan pada buah hati anda. beras merah merupakan salah satu pilihan tepat bagi anda yang ingin menambah variasi MPASI bagi si buah hati. Zat gizi dari beras merah dapat meningkatkan perkembangan otak dan membantu bayi untuk asupan nutrisi yang baik untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan si buah hati sehingga menjadikan buah hati anda tetap sehat dan bertumbuh dengan baik.
  Manfaat Sehat Beras Merah Sebagai Makanan Pendamping ASI Untuk Si Buah Hati,   Manfaat Sehat Beras Merah Sebagai Makanan Pendamping ASI Untuk Si Buah Hati

Leave a Comment