Pengertian ilmu ekonomi pembangunan

Pengertian ilmu ekonomi pembangunan, Pengertian ilmu ekonomi pembangunan

Pengertian ilmu ekonomi pembangunan
Ilmu ekonomi pembangunan adalah cabang dari ilmu ekonomi yang berhubungan dengan aspek-aspek ekonomi dari proses pembangunan dalam negara berpenghasilan rendah. Fokusnya bukan hanya dalam metode mengembangkan pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi dan perubahan struktural tapi juga dalam meningkatkan potensi dari massa populasi, contohnya, melalui kesehatan dan pendidikan dan kondisi tempat kerja, apakah melalui saluran publik atau privat.

Ilmu ekonomi pembangunan melibatkan kreasi teori dan metode yang bertujuan dalam determinasi dari kebijakan-kebijakan dan praktek-prakteknya serta bisa diimplementasikan pada level domestik atau internasional. Ini mungkin melibatkan restrukturisasi insentif pasar atau menggunakan metode matematika untuk analisa proyek, atau mungkin melibatkan campuran dari metode kuantitatif dan kualitatif.

Tidak seperti dalam banyak bidang ilmu ekonomi lainnya, pendekatan dalam ilmu ekonomi pembangunan bersatu dengan faktor sosial dan politik untuk memikirkan rencana-rencana tertentu. Juga tidak seperti banyak bidang ilmu ekonomi lainnya, tidak ada konsensus dalam apa yang harus diketahui oleh para siswa. Pendekatan-pendekatan yang berbeda bisa menentukan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap konvergen atau non-konvergen ekonomi terhadap rumah tangga, wilayah, dan negara.

Ilmu ekonomi pembangunan juga termasuk topik-topik seperti utang negara dunia ketiga, dan fungsi dari organisasi-organisasi seperti IMF dan Bank Dunia. Faktanya, mayoritas dari ekonom pembangunan dipekerjakan, berkonsultasi dengan, atau menerima pembiayaan dari institusi-institusi seperti IMF dan Bank Dunia. Banyak ekonom tersebut tertarik dalam cara-cara untuk memberikan pertumbuhan yang stabil dan berkelanjutan dalam daerah dan negara miskin, dengan memajukan kemandirian domestik dan pendidikan di beberapa negara berpenghasilan terendah di dunia. Dimana isu ekonomi menyatu dengan isu sosial dan politik, ia disebut juga sebagai studi pembangunan.

Teori-teori terkini berputar sekitar pertanyaan-pertanyaan mengenai variabel-variabel atau input-input yang paling berhubungan atau mempengaruhi pertumbuhan ekonomi: pendidikan tingkat dasar, tingkat menengah, atau tingkat tinggi, stabilitas kebijakan pemerintah, subsidi dan tarif, sistem hukum yang adil, infrastruktur yang tersedia, ketersediaan perawatan medis, air bersih, kemudahan dalam memasuki dan keluar dari perdagangan, dan persamaan distribusi pendapatan, dan bagaimana cara memberi nasehat kepada pemerintah mengenai kebijakan-kebijakan makroekonomi, yang termasuk semua kebijakan yang mempengaruhi ekonomi. Pendidikan memungkinkan negara untuk beradaptasi dengan teknologi terkini dan menciptakan suatu lingkungan untuk lahirnya inovasi-inovasi baru.
  Pengertian ilmu ekonomi pembangunan,   Pengertian ilmu ekonomi pembangunan

Leave a Comment