Pilih Tisu Atau Pengering Elektrik?

Pilih Tisu Atau Pengering Elektrik?, Pilih Tisu Atau Pengering Elektrik?

Pilih Tisu Atau Pengering Elektrik?
tisu

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir memang sangat dianjurkan untuk membasmi kuman penyebab penyakit. Tapi setelah mencuci tangan, pengering mana yang harus dipilih menggunakan tisu atau pengering elektrik?

Dikutip dari NYTimes, Selasa (14/9/2010) faktanya bakteri dan kuman akan berkembang biak dengan baik pada kondisi tangan yang basah, sehingga metode yang digunakan untuk mengeringkan tangan adalah salah satu hal yang penting. Hal ini untuk mencegah agar tangan yang sudah bersih dari bakteri dan kuman tidak terkontaminasi lagi.

Di beberapa tempat umum seperti kamar mandi atau tempat cuci tangan di restoran biasanya menyediakan alat pengering elektrik yang bisa digunakan oleh siapa saja. Meski demikian ada juga beberapa orang yang lebih memilih menggunakan tisu untuk mengeringkan tangannya.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2008 oleh University of Westminster di Inggris melakukan penelitian yang membandingkan antara penggunaan tisu, pengering udara kering tradisional dan pengering udara jet terbaru. Untuk menganalisanya maka tangan partisipan diperiksa sebelum dan sesudah menggunakan beberapa alat pengering tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kertas tisu lebih efektif untuk mengurangi penyebaran kuman dan bakteri setelah mencuci tangan, dibandingkan dengan penggunaan alat pengering elektrik konvensional ataupun jet.

Kondisi tersebut kemungkinan disebabkan pada pengering elektrik, saat seseorang menjulurkan tangannya maka udara akan keluar dengan cepat dan bakteri bisa menyebar dengan mudahnya. Terutama jika alat tersebut tidak diperhatikan kondisinya atau tidak dibersihkan, karena udara yang hangat akan membuat bakteri atau kuman bisa berkembang biak.

Hal inilah yang menyebabkan adanya pemikiran jika menggunakan pengering elektrik bisa membuat kuman dan bakteri lebih mudah menyebar. Selain itu pada umumnya pengering elektrik ini hanya bisa digunakan dalam jangka waktu 7 tahun.

Sementara itu jika menggunakan cairan pembersih tangan, umumnya bisa menghilangkan bakteri tapi tidak semua virus bisa dibasmi termasuk norovirus. Serta agar penggunaannya efektif harus mengandung paling sedikitnya 60 persen alkohol.

Kebersihan tangan memainkan peran penting dalam mencegah penyakit ataupun infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme, karena itu mencuci tangan dan mengeringkannya secara benar turut membantu seseorang terhindar dari penyakit.
  Pilih Tisu Atau Pengering Elektrik?,   Pilih Tisu Atau Pengering Elektrik?

Leave a Comment