Resep Masakan Indonesia Balakutak Dari Cirebon

resep-balakutak-cirebon

Ada yang suka masakan dari olahan sumber daya laut? Pernah coba Balakutak dari Cirebon? Balakutak? Balakutak adalah sejenis makanan dengan kategori gulai yang bahan utamanya adalah Balakutak/cumi, cumi yang digunakan dalam masakan ini sering juga disebut Balakutak hidueng,  kalian tahu kan arti Hidueng dalam bahasa Indonesia? Yah, hitam. Jadi jangan kaget kalo ternyata makanan ini akan penuh dengan warna hitam, metal men…..

Eitss, kita nggak sekedar ngasih resepnya ajah loh, sebelumnya kalian harus tahu dulu nih, jenis jenis cumi, perhatikan dibawah ini yah :

  1. Cumi Calamari ciri-cirinya mempunyai fisik yang bulat dan lebar, tapi nggak ada tempurung dibagian punggungnya
  2. Cumi Balakutak cirinya memiliki ternyata hamper mirip dengan calamari Cuma pada cumi balakutak ini punya tempurung di punggungya.
  3. Cumi jarum ini adalah cumi yang sering kita temui dimeja makan, cirinya bentuk badanya panjang.

Selain menjadi Olahan Balakutak, cumi juga bisa dimasak dengan gaya dan olahan lain, misalnya dibikin kerupuk dan abon dan masih banyak lagi yang lainnya, tapi saat ini kita hanya akan membahas resep dari balakutak yah. Oke langsung saja perhatikan

Resep Membuat Balakutak

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

Bahan Utama  :

 Tentu saja Balakutak sekitar 15-20 sesuai selera dan anggota keluarga, potong balakutak sesuai keinginan

Bahan Untuk Bumbu

  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 buah cabe merah
  • 1 ibu jari jahe
  • 1 ibu jari laos
  • 1 ibu jari kunyit
  • 1 batang sereh
  • 2 lb daun salam
  • 1 buah tomat
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • garam secukupnya
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 bks kecil santan

Udah dicatet bahan-bahanya, oke ayoo sekarang kita lanjut ke proses selanjutnya Yaitu memasak.

  1. Yang pertama harsu dilakukan adalah, memotong semua bumbu yang tadi telah disediakan
  2. Terus tumis bumbu-bumbu yang sudah di iris tadi dengan 3 atau 4 sendok makan minyak
  3. Kalo dirasa udah wangi, masukan Balakutak, dan jangan lupa untuk memasukan kaldu atau penyedap rasa yang bisa dibeli di warung, jangan lupa garam dan gulanya
  4. Aduk rata, untuk proses memasak Balakutak tidak usah ditambahkan air lagi, cukup tutup wajan dan tunggu hingga airnya keluar dengan sendirinya, air ini berasak dari tinta hitam Balakutak itu.
  5. Setelah mendidih tambahkan santan, aduk terus sampai bumbu dan airnya meresap kedalam Balakutak, setelah airnya berkurang, kamu bisa nyoba tuh, setelah dirasa pas langsung ajah deh disajikan di piring saji, dan dinikmati.

Nah, itu dia tuh resep Makanan Indonesia Balakutak dari Cirebon, rasanya mantap loh, dan kalian bisa deh tertawa setelah memakan balakutak ini, karena kenapa? Mulut kalian pasti bakalan item deh, gigi dan bibir kalian bakalan berwarna item, tapi nggak selamanya ko, cukup basuk dengan air dan sikat gigi juga hilang. Owhh yah ada tips juga nih, dalam memasak balakutak teknik pembersihannya Balakutaknya harus hati-hatinya ini untuk mencegah kantung tinta yang ada didalam perut Balakutak pecah, kalo pecah semua nanti nggak warna hitam dong, nanti bukan balakutak lagi namanya tapi balakutih, hehehhe, oke sekian artikel resep masakan Indonesia dari saya, selamat memasak

Leave a Comment